Cara Merubah HGB Menjadi SHM

No comment 857 views

Cara Merubah HGB Menjadi SHM

Banyak perumahan saat ini hanya memberikan sertifikat HGB atau Hak Guna Bangunan, tentu saja kita ingin memiliki status kepemilikan yang lebih kuat dan ditingkatkan menjadi sertifikat Hak Milik. Kepemilikan rumah dan tanah dengan status sertifikat Hak Guna Bangunan dapat kita tingkatkan menjadi Sertifikat Hak Milik SHM.

Perubahan status kepemilikan atas suatu rumah dan tanah dari sertifikat Hak Guna Bangunan ke sertifikat Hak Milik ini juga mempunyai tujuan untuk memperjelas status hukum kepemilikan atas suatu rumah dan tanah tersebut. Jelas ini sangat bermanfaat bagi pemilik dikala terjadi pindah tangan kepemilikan da juga jika terjadi sengketa. Cara merubah HGB menjadi SHM sebetulnya dapat kita lakukan sendiri dan tidak terlalu sulit.

Status kepemilikan sertifikat Hak Milik adalah status kepemilikan paling kuat tanpa campur tangan atau kemungkinan dipunyai oleh pihak lain. Cara merubah HGB menjadi SHM dilakukan dikantor pertanahan di wilayah tempat lokasi lahan tersebut berada. Berikut ini langkah-langkah cara merubah HGB menjadi SHM.

Langkah-langkah cara merubah HGB menjadi SHM :

1. Datang ke Kantor Pertanahan tempat lokasi rumah dan tanah tersebut berada.

2. Membeli dan Mengisi Formulir Permohonan

Kita mesti mengajukan surat permohonan kepada Kepala Kantor Pertanahan tempat lokasi rumah dan tanahtersebut berada. Biasanya sudah disatukan dalam sebuah map dan ada dua lembar dokumen yang harus diisi, yaitu lembar permohonan itu sendiri dan surat pernyataan dari pemohon. Siapkan satu materai untuk ditempel di surat pernyataan. Ketika surat ini sudah ada, segera fotocopy beberapa lembar dan lampirkan aslinya bersama dengan dokumen-dokumen yang sudah disiapkan.

3. Siapkan Dokumen Yang diperlukan

Ada beberapa dokumen yang mesti kita siapkan saat akan merubah HGB menjadi SHM, berikut ini beberapa dokumen-dokumen untuk melengkapi persyaratan merubah sertifikat Hak Guna Bangunan menjadi sertifikat Hak Milik. Diantaranya:

a. Sertifikat Asli Hak Guna Bangunan (SHGB)
Siapkan sertifikat asli HGB yang akan dirubah status, karena sertifikat asli merupakan dokumen paling penting dalam kepengurusan. Anda juga memerlukan beberapa copy sertifikat untuk cadangan

b. Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
Dokumen Izin Mendirikan Bangunan diperlukan sebagai bukti legalitas bahwa lahan dipergunakan untuk mendirikan suatu bangunan. Sebagai tambahan juga bisa dipakai surat keterangan dari kelurahan yang menyatakan bahwa lahan tersebut digunakan untuk mendirikan bangunan atau sebagai rumah.

c. Identitas diri
Siapkan dokumen identitas diri pemohon seperti KTP dan KK, atau akta pendirian usaha jikadilakukan oleh badan hukum. Jika dikuasakan kepada orang lain mesti turut disertakan surat kuasa dan fotocopy kartu identitas penerima kuasa.

d. SPPT PBB tahun
Bukti pembayaran pajak SPPT PBB diperlukan untuk melihat rekam jejak pembayaran pajak dan kondisi lahan, seperti luas tanah dan luas bangunan yang terkena pajak.

e. Surat Pernyataan Kepemilikan Lahan
Pemohon juga harus menyertakan surat pernyataan tidak mempunyai tanah lebih dari 5 (lima) bidang dengan luas keseluruhan tidak lebih dari 5.000 m2.

3. Membayar Biaya Perkara BPHTB

BPHTB ( Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan ) merupakan Biaya yang wajib anda bayarkan. Anda akan dikenai biaya peningkatan HGB menjadi SHM. Besar biaya tergantung biaya NJOP (Nilai Jual Obyek Pajak) dan luas tanah. Adapun rumus menentukan biaya NJOP sebagai berikut: 2% x (NJOP Tanah – NJOPTKP Rp 60 juta).

Catatan :
Biaya perkara yang dikeluarkan akan berbeda disetiap daerah, sebab biaya perkara mengacu pada peraturan pemerintah daerah dan luas lahan. Untuk Tarif 2% dan NJOPTKP (NJOP Tidak Kena Pajak ) Diatur oleh Pemerintah daerah Masing Masing dalam bentuk Perda.

Setelah mengetahui cara merubah HGB menjadi SHM, anda bisa mengurusnya sendiri dengan mempersiapkan terlebih dahulu dokumen yang di butuhkan. Jika anda merasa repot dalam mengurus HGB menjadi SHM, anda bisa menggunakan jasa Notaris Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dengan biaya tambahan.

Leave a reply "Cara Merubah HGB Menjadi SHM"